harga kucing anggora

Turkish Angora atau yang sering disebut dengan kucing anggora merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki penggemar hingga ke berbagai belahan dunia. Banyak orang berbondong-bondong untuk memeliharanya dan mencari tahu berapa harga kucing Anggora tersebut.

Kucing Anggora ini menjadi salah satu kucing yang memiliki ras tertua dan sengaja tidak dikembangbiakan menjadi tipe campuran oleh manusia agar ras aslinya tidak punah dan tercampur dengan kucing jenis lain. Namun, tetap saja ada beberapa orang yang tetap mencampurkan kucing ini dengan jenis lainnya.

Ras yang dimiliki kucing Anggora ini dapat menentukan harga dalam penjualan, loh. Semakin murni kucingnya, harga kucing Anggora yang ditawarkan pun semakin malah. Sedangkan untuk tipe termurah dalam jenis kucing ini ialah campuran antara Anggora X Lokal.

Untuk kucing dengan ras asli sendiri sudah dalam kategori hampir punah sehingga mulai dilestarikannya penangkaran agar spesies asli tetap terjaga dan tidak punah. Karena usaha melestarikannya yang terbilang tidak mudah dan penuh perjuangan, kucing ini pun dianggap menjadi salah satu binatang kebanggaan dari negara Turki, loh.

Kucing Anggora biasanya memiliki ciri khas yaitu berbulu panjang halus dan cara berjalannya yang anggun seperti para ballerina. Kucing ini juga senang bermain dengan majikannya dan dapat berteman dengah hewan peliharaan lainnya.

Satu hal yang mesti kamu tahu ketika memiliki rencana untuk memelihara kucing jenis Anggora ini ialah kucing Anggora sangat tidak suka ditinggal sendirian oleh majikannya. Kucing ini juga memiliki energi yang cukup tinggi sehingga ketika ditinggal sendirian di rumah, ia bisa merusak benda-benda di rumah.

Cara Merawat Kucing Anggora

Dengan memelihara Kucing Anggora, berarti kamu sudah memperhatikan beberapa komitmen untuk merawat kucing jenis ini. Perawatan rutin sangat diperlukan agar Kucing Anggora tetap sehat dan memiliki bulu yang indah serta cantik. Namun, bagaimana sih cara merawat kucing Anggora? Yuk, cek lebih lanjut.

1.    Memberikan vaksin

Pada dasarnya, tidak hanya manusia lah yang memerlukan vaksin, tetapi kucing sendiri pun tetap memerlukannya. Vaksin pada kucing diperlukan agar ketika ia terkena suatu virus, tubuh dapat melawan virus tersebut.

Vaksin pertama untuk kucing biasanya diberikan ketika sudah menginjak usia 12-16 minggu. Ketika dilakukannya vaksin pertama, akan diberikan 3 virus tidak aktif kedalam tubuh kucing. Ketiga virus tersebut meliputi:

  • Feline Herpes Virus (FHV) atau Feline Calicivirus (FCV)
  • Feline Panleukopenia (FPV)
  • Feline Leukemia Virus (FeLV)

Ketika sudah melakukan vaksinasi kedua kali, akan secara alamiah membentuk suatu kekebalan tubuh yang dapat melindungi kucing. Kucing disarankan untuk dibebaskan di sekitar lingkungan rumah agar dapat terbiasa dengaan situasi lingkungan sekitar dan mempermudah bersosialisasi.

2.    Sterilisasi kucing

Cara merawat kucing kedua ialah Sterilisasi Kucing. Sterilisasi kucing sangatlah disarankan untuk kamu lakukan kepada hewan peliharaanmu. Sterilisasi sendiri ialah sebuah proses pengangkatan reproduksi agar tidak dapat menghasilkan keturunan Kembali.

Sterilisasi kucing ini dapat dilakukan pada kucing berjenis kelamin betina maupun jantan.Dengan dilakukannya sterilisasi, hewan peliharaan akan menjadi lebih sehat. Untuk hewan jantan sendiri, sterilisasi ini berfungsi untuk mencegah permasalahan pada prostat serta kanker testis. Kucing yang telah di sterilisasi juga biasanya akan menjadi lebih sehat, lincah, serta berat badannya akan bertambah.

3.    Perawatan kebersihan kucing

Perawatan kucing dapat kamu lakukan dengan cara menyisir bulunya teratur, memotong kuku, menyikat gigi, membersihkan mata juga telinga, hingga memandikannya.

Pentingnya merawat kebersihan kucing ialah agar hewan peliharaan milikmu tidak terkena virus maupun bakteri akibat jarang sekali dibersihkan. Kucing sendiri merupakan hewan yang cukup rentan terkena penyakit apabila tidak dirawat dengan baik.

Itulah beberapa cara merawat kucing Anggora yang harus kamu ketahui ketika memutuskan untuk merawat kucing jenis ini. Berbicara tentang kucing Anggora, hal berikutnya yang harus kamu ketahui mengenai kucing ini ialah jenisnya.

Bella-Shofie Jadi Nama Paling Populer Sedunia ... untuk Kucing - Lifestyle  Fimela.com

Kucing berjenis Anggora yang memiliki berat paling besar sekitar lima kilogram ini memiliki setidaknya tiga jenis, loh. Apa sajakah jenis kucing Anggora? Yuk, simak lebih lanjut.

1.    Anggora X Anggora

Anggora tipe ini merupakan jenis murni tanpa adanya campuran dari ras kucing manapun. Pada umumnya kucing berjenis ini memiliki bulu berwara putih bersih, bentuk wajah yang panjang, hidung mancung, serta memiliki tulang yang cukup besar.

2.    Anggora X Persia

Jenis kucing ini merupakan ras campuran yang menghasilkan hasil unik. Kucing dengan ras ini memiliki bulu dan mata cantik layaknya Anggora asli. Namun, untuk bentuk hidung beserta wajahnya cenderung mengikuti ras Persia. Kucing campuran ini cenderung lebih menggemaskan karena bentuk bulatnya serta fluffy.

3.    Anggora X Kampung

Kucing ini merupakan salah satu ras yang paling akan sering kau temukan di lingkungan sekitar. Jenis kucing ini biasanya memiliki tulang dan bulu layaknya kucing kampung pada umumnya. Namun, untuk bentuk beserta wajahnya mirip sekali dengan kucing Anggora ras asli.

11 Ciri Kucing Anggora yang Asli. Kalau Belum Tahu Betul, Lebih Baik Nggak  Usah Beli

Hal terakhir yang akan di bahas pada artikel ini ialah harga kucing Anggora. Harga merupakan salah satu hal penting yang perlu dibahas agar bisa menjadi pertimbangan bagimu yang memiliki ketertarikan untuk merawat jenis Kucing Anggora ini.

1.    Harga Kucing Anggora Murni

Harga kucing Anggora murni biasanya lebih mahal daripada ras Anggora lainnya. Untuk memiliki kucing dengan ras seperti ini, kamu harus menyiapkan budget senilai Rp3.000.000 hingga lebih untuk kucing berusia 3 bulan yang belum di Vaksin.

Untuk kucing dewasa berusia 6 bulan dan belum divaksin, biasanya harga berada di kisaran Rp8.000.000.000 hingga Rp10.000.000. Untuk kucing yang sudah di vaksin biasanya harga lebih mahal daripada harga yang sudah tertera diatas.

2.    Harga Kucing Anggora X Persia

Jenis kucing Anggora campuran Persia ini memiliki harga di rentang Rp500.000 hingga Rp1.000.000. Harga yang tertera tersebut ialah untuk kucing yang belum di vaksin. Sedangkan untuk kucing yang sudah di vaksin berada di rentang harga Rp1.000.000 hingga Rp2.500.000.

3.    Harga Kucing Anggora X Lokal

Kucing dengan tipe ini merupakan kucing dengan harga paling rendah di pasaran. Biasanya kucing dengan tipe campuran memiliki harga di kisaran Rp250.000 hingga Rp600.000 saja, loh.

Nah, itulah beberapa harga kucing anggora yang mesti kamu ketahui ketika memiliki ketertarikan untuk merawat kucing ini. Ketika sudah memutuskan untuk merawat kucing Anggora, kamu diharuskan untuk mengetahui dan juga mempelajari cara merawat kucing ini agar kesehatannya tetap terjamin.

Kamu juga harus mengetahui jenis kucing seperti apakah yang diinginkan agar nantinya tidak salah membeli ketika sudah benar-benar memutuskan untuk merawat kucing jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *