harga pertamax naik rp 16.000

Per hari ini, maret 2022 harga pertamax masih di angka Rp 9.000 sedangkan untuk pertalite di harga Rp 7.650. Namun wacana untuk pertamax naik sudah ramai di telinga publik. Di twitter saja kata “pertamax” menjadi trending, tidak lain dikarenakan adanya isu kenaikan harga yang cukup tinggi.

Wacana kenaikan harga pertamax menjadi Rp 16.000 sudah mendapat dukungan dari sejumlah pejabat Pemerintah maupun DPR. Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), harga pertamax kini telah mencapai Rp 14.526 per liter karena melonjaknya harga minyak mentah dunia, terutama sejak serangan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022 lalu.

Nicke Widyawati selaku direktur utama PT Pertamina juga meminta dukungan DPR untuk menaikkan harga Pertamax. Nicke menyebutkan hari ini harga pertamax belum mengikuti mekanisme pasar. Lebih lanjut Nicke menyatakan bahwa penjualan pertamax secara volume hanya mampu mencapai angka 2% dari total keseluruhan penjualan BBM Pertamina. Dia menyimpulkan bahwa pertamax sendiri hanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu.

Dikutip dari Kompas.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memberi “kode-kode” mengizinkan PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Pertamax.

“Pertamax bisa saja terkena imbas kenaikan harga minyak dunia karena termasuk BBM yang enggak disubsidi dan dia konsumsi masyarakat golongan atas,” ungkap Sri Mulyani.

Apakah harga pertamax naik ke Rp 16.000? Dikutip dari Liputan6.com, Komisi VI DPR setuju pemerintah melalui Pertamina menyesuaikan harga bahan bakar minyak atau BBM nonsubsidi dan subsidi. Ini tertuang dalam poin kesimpulan Komisi VI DPR dengan PT Pertamina pada Senin, (28/3/2022). 

“Komisi VI DPR RI mendukung penyesuaian harga BBM nonsubsidi yang mengikuti harga keekonomian minyak dunia untuk menjamin kesehatan keuangan PT Pertamina dalam menjalankan penugasan pemerintah,” demikian satu poin kesimpulan yang dibacakan dalam RDP dengan Dirut Pertamina.

Harga Pertamax pada April diperkirakan akan menjadi Rp 16.000 per liter, bila Pertamina tak melakukan penyesuaian harga Pertamax, maka tentunya beban keuangan Pertamina akan semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *