saham online

PerahuLayar.com – Akhir – akhir ini, fenomena pembelian saham online dengan menggunakan pinjaman online kian marak dibicarakan. Fenomena ini mulai ramai dibicarakan di platform media sosial setelah adanya kejadian Jouska, dimana perusahaan penyedia jasa keuangan ini dianggap merugikan karena penempatan dana klien yang serampangan.

Selain kejadian tersebut, banyak sekali keluhan – keluhan dari para pemakai saham yang menggunakan pinjaman online. Mereka mengatakan di media sosial bahwa mereka mengalami kerugian akibat membeli saham tersebut dan tidak tahu cara menggantikan pinjaman yang telah mereka pinjam sebelumnya.

Pasalnya, mereka sebelumnya beranggapan bahwa dengan melakukan permbelian saham online tersebut, mereka akan mendapatkan profit yang cukup besar dan dapat menggantikan pinjaman online yang sebelumnya mereka pinjam. Tapi, pada kenyataannya hal itu hanya menjadi ilusi belaka karena yang mereka dapatkan kini hanyalah kerugian dan utang.

Saham dan pinjaman online, hal yang sering dianggap sepele namun pada kenyataannya sangat beresiko

Kegiatan melakukan pembelian saham di saham online sendiri sebenarnya cukup beresiko. Misalnya, disaat harga saham berpotensi turun dengan sangat cepat, kita harus selalu siap dengan yang namanya cut loss. Selain itu, pembelian saham di saham online sendiri tidak seperti di pasar saham, dimana kita tidak bisa memastikan apakah saham yang kita beli akan naik atau turun. Kita hanya bisa menggunakan insting dan feeling kita untuk memprediksi.

Melakukan pinjaman online juga bukan merupakan contoh yang bijak untuk dilakukakan. Banyak sekali bahaya yang dapat ditimbulkan akibat melakukan pinjaman online. Contohnya adalah mendapat bunga yang besar, dikejar oleh debt collector, denda besar, serta belum terdaftar di OJK. Dan yang lebih parahnya lagi ialah data pribadi kita terancam. Kini, sedang marak sekali penjualan data pribadi yang berujung pada penyalahgunaan data.

Sebelumnya, direktur dari Pengembangan Bursa Efek telah mengingatkan bahwa para investor harus berhati hati dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian saham. Ia juga mengingatkan bahwa untuk melakukan pembelian saham, jangan menggunakan uang dari hasil meminjam maupun untuk keperluan pribadi darurat.

Cara bijak untuk melakukan pembelian saham online 

saham online

Penggunaan uang, baik berupa pinjaman online maupun offline sangat tidak bijak untuk digunakan dalam pembelian saham, baik saham online maupun offline. Tentu bisa Anda bayangkan apabila terjadi penurunan nilai asset, Anda pasti akan merasa bingung untuk mengebalikannya. Oleh karena itu, sebelum ada melakukan pembelian saham, ada harus memikirkan baik – baik resiko yang akan anda dapatkan nantinya. Jangan terlalu tergiur dengan keuntungan besar yang belum tentu Anda dapatkan dan menyesal setelahnya karena yang Anda dapatkan adalah kerugian.

Berikut ini akan kami paparkan cara bijak untuk bermain saham online agar Anda dapat mengurangi resiko dari kerugian bermain saham:

Pahami tentang saham

Hal ini merupakan hal yang krusial bagi para pemula pemain saham. Anda perlu memahami bagaimana mekanisme saham dijalankan. Apabila hal ini dilewatkan, kemungkinan Anda akan bingung saat bermain saham dan tidak tahu harus melakukan apa.

Memilih perusahaan yang sudah terdaftar di OJK

Alasannya karena perusahaan yang telah terdaftar di OJK telah memenuhi standar dan syarat yang telah ditetapkan dan telah legal secara hukum.  Sehingga, Anda tidak perlu lagi risau dengan data pribadi yang akan disalahgunakan oleh orang

Mulai memilih saham dan melakukan pembelian

Saat akan memilih saham, usahakan Anda memilih saham yang paling menguntungkan. Selain itu, Anda juga harus memilih saham dengan tingkat resiko yang paling kecil untuk menghindari kerugian besar. Apabila Anda sudah yakin dengan saham yang Anda pilih, Anda dapat melakukan pembelian.

Memantau pasar saham

Cara ini adalah cara terakhir yang Anda lakukan. Anda harus mencermati naik dan turunnya saham tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda mendapat keuntungan serta mengetahui kapan Anda harus membeli serta menjual saham yang Anda miliki.

Jangan membeli saham dengan dana pinjaman online

Membeli saham merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengelola dana simpanan pasif Anda, tetapi bukan berarti Anda harus membeli saham dengan menggunakan pinjaman online. Membeli saham bukan berarti akan selalu untung, apalagi dengan menggunakan dana pinjaman. Anda harus selalu bijak mengelola keuangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *