Di zaman merebaknya virus corona ini, sangat sulit sekali untuk para jobseeker mencari sebuah lowongan kerja. Sudah mengirim CV kemanapun, namun tetap saja tidak ada panggilan yang masuk. Hal tersebut tentunya membuat banyak orang frustasi akan sulitnya mencari lowongan kerja.

Banyaknya korban PHK massal, membuat semakin bertambahnya jumlah para jobseeker. Hal ini membuat para pekerja lain hanya memiliki kesempatan sedikit untuk bekerja karena bertarung dengan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman.

Berdasarkan data yang diberikan oleh Survei Angkatan Kerja Nasional, tingkat pengangguran terbuka sebelum pandemi (2019) lebih kecil dibandingkan disaat sesudah pandemi (2020), dimana selama pandemi ini tingkat pengangguran naik sebesar 2,81%. Sedangkan untuk persentase angkatan kerja di saat sebelum pandemi sebesar 53,1% turun menjadi 44,5% selama masa pandemi.

Kesalahan Dalam Melamar Pekerjaan 

Banyak cara telah dilewati oleh para pelamar untuk mendapatkan pekerjaan, dimulai dari mencari di internet, koran, bahkan hingga majalah pun masih sulit untuk menemukan sebuah lowongan kerja. Sudah menemukan yang cocok, malah tidak mendapatkan panggilan lebih lanjut. 

Nyatanya, terdapat beberapa kesalahan, loh, yang Anda lakukan sehingga tidak mendapatkan panggilan. Apa saja itu? Berikut ini beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan dalam melamar kerja.

1. CV yang Tidak Sesuai

Salah satu kesalahan umum yang paling sering menjadi penyebab para jobseeker tidak mendapatkan panggilan ialah CV yang tidak sesuai. Kebanyakan mereka tidak memperhatikan font dan bahasa yang digunakan, dimana biasanya bahasa yang digunakan tidaklah baku.

Foto yang digunakan pun terkadang tidak memenuhi syarat untuk dipakai dalam CV, dimana kebanyakan para pelamar kerja tidak menggunakan foto formal ketika mencantumkannya dalam CV.

2. Terlihat Kurang Meyakinkan Ketika Wawancara

Meskipun sering dianggap sepele, namun nyatanya wawancara merupakan tahap paling krusial. Pada tahapan ini, pewawancara memiliki insting untuk menilai seorang pelamar. Apabila Anda terlihat kurang meyakinkan, maka Anda dapat dipastikan tidak lolos untuk tahap selanjutnya.

3. Minimnya Informasi yang Diketahui Mengenai Perusahaan

Ketika Anda melamar sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai seluk beluk perusahaan tersebut. Dimulai dari produk apa yang mereka buat hingga budaya yang ada dalam perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, sebelum Anda melamar di salah satu perusahaan, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu seluk beluk perusahaan tersebut. Dengan mengetahui seluk beluk perusahaan, maka Anda akan di cap sebagai orang yang memiliki keinginan tinggi untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Itulah tiga kesalahan umum yang paling sering dilakukan oleh pelamar ketika melamar pekerjaan. Kesalahan-kesalahan sering kali dianggap biasa, namun pada kenyataannya hal tersebut mempengaruhi diterimanya seseorang ketika melamar suatu pekerjaan. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu memperhatikan setiap hal hingga ke bagian terkecil sekalipun.

Nah, untuk Anda yang menginginkan mendapatkan lowongan kerja dengan mudah, bisa nih mencoba suatu aplikasi pencari kerja bernama Kupu. Aplikasi Kupu ini akan membantu Anda untuk mendapatkan lowongan kerja dengan cepat dan mudah tanpa harus bersusah payah mencari satu per satu.

Kupu, Aplikasi Pencari Kerja Terbaik di Indonesia

aplikasi kupu pencari kerja

Aplikasi KUPU merupakan aplikasi pencari kerja pilihan banyak orang. Aplikasi ini merupakan portal jobseeker yang akan membantu Anda untuk melamar pekerjaan secara instan serta membuat Anda lebih mudah terhubung langsung dengan pemberi kerja.

Aplikasi KUPU ini tidak hanya menyediakan platform pencari kerja, namun juga pembelajaran yang bernama KUPU Academy, dimana akan membantu para pekerja di hari pertama bekerja sehingga mampu menjalankan keterampilan yang dipelajari. 

Aplikasi KUPU juga menjadi salah satu aplikasi pencari kerja yang telah bekerjasama dengan bisnis-bisnis terkenal seperti Ibis Styles Hotels, OYO, Growell, MyRepublic, Luminor Hotel, Spice In Rice, PUYO, GIYANTI, GOCHA, dan masih banyak lagi. Banyaknya perusahaan ternama yang telah bekerjasama dengan aplikasi Kupu menandakan bahwa aplikasi pencari kerja ini terpercaya dan sangat berkualitas.
Oleh karena itu, tunggu apa lagi? Bila Anda ingin segera mendapatkan lowongan kerja dengan cepat tanpa harus bersusah payah, segeralah coba aplikasi KUPU. Aplikasi pencari kerja ini akan membantu Anda untuk memperoleh pekerjaan tanpa harus menghabiskan waktu yang banyak. Selain itu, ketika Anda mendapatkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat, segeralah perhatikan persyaratan yang ada. Jangan sampai satu kesalahan membuat Anda tidak diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published.