Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Setelah melewati puasa selama satu bulan lamanya di bulan ramadhan 2022, banyak momen spesial yang mereka rasakan ketika hari kemenangan ini tiba. Salah satu momen yang paling mereka tunggu ketika hari ini tiba ialah menyantap makanan khas lebaran. Hal ini dikarenakan makanan yang ada saat lebaran cukup berbeda dengan hari-hari biasa.

Lebaran sangat identik dengan makanan yang ada, rasanya tidak afdol apabila tidak tersedia makanan khas lebaran. Makanan khas lebaran tentunya membawa suatu cita rasa berbeda dibandingkan makanan-makanan lainnya. Selain karena membawa suatu keakraban antar keluarga karena dimakan bersama-sama di hari spesial, makanan khas lebaran juga identik dengan sesuatu yang berbau santan. 

Tapi tahukah kamu, bahwa nyatanya makanan tiap-tiap daerah itu berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri? Jika belum, yuk, perhatikan beberapa makanan khas lebaran dari tiap daerah di Indonesia pada artikel ini. Siapa tau lebaran tahun 2022 ini, kamu mau mencoba sesuatu yang berbeda dari biasanya.

1. Ayam Woku Khas Manado

ayam woku - makanan khas lebaran

Ayam Woku merupakan salah satu makanan khas lebaran dari Manado. Makanan ini merupakan sebuah sajian ayam pedas yang disajikan dengan sebuah bumbu kuah merah yang mirip sekali dengan bumbu rujak. Makanan khas lebaran ini memakai banyak sekali rempah-rempah yang menjadikan menu ini berbeda dengan menu lainnya. 

Ayam Woku ini sangat cocok untuk kamu sajikan di perayaan lebaran tahun 2022 setelah lama berpuasa satu bulan lamanya di bulan ramadhan 2022.

2. Opor Ayam Khas Jawa

opor ayam - makanan khas lebaran

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan khas lebaran ini. Opor ayam yang menjadi ciri khas lebaran ini selalu ada di setiap tahunnya. Makanan berbahan dasar santan dan rempah-rempah ini telah dikenal luas di berbagai daerah. 

Opor ayam sangat cocok untuk kamu sajikan di lebaran tahun 2022 bersama dengan ketupat dan juga sambal goreng ati.

3. Pempek Khas Palembang

pempek palembang - makanan khas lebaran

Makanan berbahan dasar ikan ini menjadi salah satu makanan khas lebaran yang paling sering disajikan di Palembang. Makanan ini biasanya sangat cocok sekali disajikan bersama dengan tekwan.

Rasanya yang membuat banyak orang nagih dan mudah tergiur hanya dengan mencium wanginya saja sangat cocok untuk ada di lebaran tahun 2022. 

4. Mie Gomak Khas Medan

mie gomak - makanan khas ramadhan

Mie Gomak kerap kali dianggap sebagai spaghetti khas medan. Hal ini dikarenakan mie yang digunakan sangat mirip dengan spaghetti. Selain itu, makanan ini juga disajikan dengan bumbu andaliman dan sayur-sayuran yang pastinya nagih banget.

Untuk kamu yang ingin balas dendam setelah melewati ramadhan 2022, kamu bisa mencoba untuk memasak makanan ini dan disajikan pada lebaran tahun 2022.

5. Ayam Gagape Khas Makassar

ayam gagape

Nah, di pilihan terakhir terdapat sebuah makanan khas makassar bernama Ayam Gagape. Olahan ayam dengan kuah kuning ini menjadi salah satu menu favorit yang selalu hadir di perayaan lebaran.

Rasanya yang nendang dan gurih serta rempah-rempah yang cukup kuat ini sangat cocok untuk kamu hadirkan di lebaran tahun 2022 ini, loh.

Nah, itulah beberapa makanan khas lebaran yang dapat anda sajikan di lebaran tahun 2022 ini. Makanan-makanan ini dapat kamu jadikan referensi dikala sudah bosan dengan makanan yang sudah kamu buat sebelumnya. 

Ramadhan 2022 ini menjadi tahun yang begitu spesial untuk para umat muslim dikarenakan PSBB telah dicabut dan diperkenankan untuk melakukan mudik sehingga kamu dapat berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, siapkanlah makanan khas lebaran terbaik yang bisa kamu sajikan untuk keluarga besar dengan menyajikan makanan yang berbeda dari biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.