desain rumah minimalis

Dekorasi desain rumah minimalis menjadi pilihan karena memberikan kesan yang lebih modern. Berikut ini ide dekorasi desain rumah minimalis versi perahulayar.com

Saat ini, konsep minimalis banyak populer di kalangan millenial. Konsep yang satu ini selain diterapkan pada gaya berpakaian, juga diterapkan pada dekorasi rumah. Tampilan dekorasi rumah minimalis ini dapat memberikan kesan yang luas dan rapi. 

Selain itu, konsep minimalis dalam dekorasi rumah kemudian penting, terutama bagi kamu yang memiliki banyak kesibukan, sehingga tidak mempunyai waktu yang  banyak untuk membersihkan rumah dengan barang-barang yang banyak. 

Apa Itu Dekorasi Desain Rumah Minimalis?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), minimalis berkenaan dengan penggunaan unsur-unsur sederhana dan terbatas, demi mendapatkan efek dan kesan yang terbaik. Pengertian ini saja sejatinya sudah cukup untuk menggambarkan apa itu yang dimaksud dengan dekorasi rumah minimalis.

Konsep dasar dari dekorasi dengan gaya minimalis ini pada dasarnya ada mengembalikan segala sesuatunya ke ‘basic’. Dalam artian, kamu perlu menyingkirkan hal-hal berlebihan, dan hanya menggunakan perabotan yang kamu perlukan, dengan desain yang plain dan tidak berlebihan.

Selain itu, desain minimalis juga bisa dikonsepsikan sebagai trend yang pada umumnya mengarah kepada interior yang simetris, sederhana, dan menunjukkan garis tegas. Dengan begitu, desain rumah minimalis sejatinya tidak membutuhkan banyak dekorasi, akan tetapi lebih kepada pemilihan furniture yang bisa menonjolkan garis tegas tadi. Untuk lebih jelasnya mengenai dekorasi rumah minimalis, simak terus penjelasan di bawah ini.

Ide Dekorasi Desain Rumah Minimalis

Seperti halnya ‘no make up’ make up, yang tidak semudah kelihatannya, dekorasi rumah minimalis juga bisa menjadi sedikit tricky dalam praktiknya. Untuk menghindari hal ini, berikut adalah rekomendasi ide yang bisa kamu terapkan dalam mendekorasi rumah agar lebih minimalis.

warna desain rumah minimalis

Warna Dinding Cerah

Tips dekorasi desain rumah minimalis yang pertama adalah dengan menggunakan warna-warna cerah seperti putih, dipadukan dengan warna-warna kalem dan lembut seperti abu-abu, krem, dan warna-warna pastel.

Warna-warna itulah yang merupakan ciri utama dari konsep minimalis, karena dapat memberikan kesan yang bersih dan fresh. Meskipun begitu, tetap perhatikan palet warna yang sesuai. Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan variasi warna, cukup konsisten di satu atau dua warna saja. 

Penerangan Alami

Tampilan ruangan yang kaku bisa diatasi dengan membiarkan penerangan alami masuk ke dalam ruangan sebanyak mungkin. Selain bisa memberikan kesan ruangan yang hangat, penerangan alami juga bisa menghindarkan ruangan dari kesan suram. 

Oleh karena itu, jendela-jendela besar dalam ruangan merupakan suatu kewajiban bagi kamu yang ingin mempunyai tampilan rumah yang minimalis. Adapun untuk tirai jendela, gunakan tirai tipis berwarna putih agar tidak memblokir cahaya yang masuk.

Item Simpel

interior desain rumah minimalis

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, konsep minimalis is all about simplicity. Oleh karena itu, bagi kamu yang mendambakan tampilan rumah yang minimalis, pemilihan item dekorasi yang simpel adalah kuncinya.

Pemilihan item simpel dalam hal ini berfungsi untuk menonjolkan beberapa item yang ingin dijadikan pusat perhatian. Sebagai contoh, di ruang makan yang semuanya serba putih, kamu bisa menambahkan vas bunga mawar merah di tengah meja, dan lukisan abstrak di dinding. Kedua item simpel ini akan menjadi lebih menonjol manakala item lainnya di latar belakang berwarna putih atau netral.

Tambahkan Elemen Natural

3 Elemen Natural Penting dalam Mendesain Rumah Minimalis Bergaya Tropis

Ruangan yang serba putih memang bisa jadi terlalu terang dan malah memberikan kesan yang membosankan. Untuk mengatasi hal yang satu ini, penambahan elemen natural adalah suatu hal yang sangat diperlukan.

Adapun item-item natural yang bisa menjadi pertimbangan antara lain adalah keranjang anyaman, tanaman hias yang simpel seperti sukulen untuk permukaan meja di ruang tamu, serta tanaman monstera di sudut-sudut ruangan.

Menambahkan elemen natural juga bisa dilakukan pada perabotan rumah. Seperti contoh, menggunakan kayu natural pada permukaan countertops di dapur.

Furniture Yang Multifungsi

Furniture yang bisa menyediakan fungsi ganda menjadi pilihan yang tepat dalam dekorasi rumah minimalis. Furniture yang didesain multifungsi seringkali menampilkan desain yang unik dan menarik. Jadi, selain fungsi nya yang ganda, ia juga bisa berfungsi sebagai item dekorasi juga.

Bagi kamu yang kebetulan memiliki lahan yang terbatas, pemilihan furniture multifungsi dalam dekorasi rumah minimalis adalah sebuah keharusan. Hal ini karena, furniture multifungsi memang menghemat banyak tempat.

Adapun beberapa contoh furniture multifungsi yang bisa dijadikan referensi adalah, kasur yang juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan, meja kerja yang juga bisa menjadi rak buku, dll

Penggunaan Cermin

Aplikasi cermin pada rumah minimalis

Selain furniture multifungsi, penggunaan cermin juga bisa membuat rumah kamu yang sempit menjadi lebih luas. Hal ini berkaitan dengan sifat cermin itu sendiri, yang dapat memberikan ilusi yang membuat ukuran ruangan terlihat lebih besar.

Meskipun begitu, dalam memilih cermin yang akan digunakan, kamu harus memperhitungkan banyak hal, termasuk ukuran, model, dan bentuknya. Terkait hal ini, kamu harus memperhitungkan tempat dimana cermin tersebut akan diletakkan. Seberapa besar dampak yang ingin diperoleh dari peletakkan cermin tersebut. 

Menyisakan Ruang Kosong

Bikin Betah! Ini 8 Inspirasi Rumah Minimalis yang Menarik

Dalam dekorasi rumah minimalis, adanya ruang kosong merupakan salah satu hal yang penting. Hal ini tentu berkaitan dengan terciptanya keseimbangan visual dengan furnitur di sekitarnya. 

Dalam konsep minimalis, ruang kosong bagaikan teman sejati yang harus dijaga. Sebaliknya, jangan pernah berusaha untuk mengisi ruang kosong dengan sesuatu, apapun itu. Selalu ingat, bahwa kunci dari minimalism adalah ‘less is more’. Semakin sedikit itu baik. 

Meskipun begitu, terlalu banyak menyisakan ruang kosong juga tidak baik, karena justru kekosongan ini akan menjadi lebih menonjol dan berlebihan. Ada baiknya kamu menjaga keseimbangan dari setiap sudut di rumah.

Sekian penjelasan mengenai ide dekorasi rumah yang minimalis. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang sedang ingin membangun rumah baru, atau sedang bosan dan ingin merenovasi rumah.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, konsep minimalis ini sama halnya dengan trend ‘no make up’ make up, merupakan sesuatu hal yang mungkin terlihat mudah, padahal sebenarnya tidak juga. Beberapa orang bahkan memutuskan untuk menyewa jasa desain interior agar bisa menghasilkan tampilan rumah minimalis terbaik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *