Punya resolusi untuk menurunkan berat badan tapi nggak tahu gimana cara menguruskan badan? Well, masalah berat badan berlebih hingga obesitas memang jadi problem yang dialami banyak orang. Ditambah lagi, di masa pandemi seperti sekarang turut mendukung kenaikan berat badan karena kurang aktifitas fisik akibat terlalu sering dirumah aja yang bikin males olahraga.

Maka dari itu, kami buatkan artikel panduan cara menguruskan badan yang siapa tahu ada satu atau dua trik yang cocok dan berhasil untuk mengurangi berat badan.

Tips Cara Menguruskan Badan dengan Mudah

Mempunyai tubuh yang ideal adalah dambaan banyak orang karena selain terlihat lebih menarik, tubuhmu juga jadi tambah sehat. Setidaknya ada 5 cara menguruskan badan yang bisa kamu terapkan dalam keseharian hingga body-goals punya tubuh langsing dan sehat tercapai. Berikut ulasannya.

1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Tips menguruskan badan yang pertama, untuk mendapatkan body goals sesuai ekspektasi, perbanyaklah minum air putih. Berdasarkan hasil penelitian, minum air putih yang cukup dalam sehari sangat efektif untuk menurunkan berat badan serta meningkatkan kinerja metabolisme tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

minum air

Tips penerapan mudahnya, kamu bisa mium 2 gelas air putih 30 menit sebelum makan. Habit ini bila konsisten kamu lakukan, perut akan terasa mudah kenyang sehingga mencegah kebiasaan makan berlebih. Apakah kamu cocok dengan cara menguruskan badan pada panduan pertama ini? Bila cocok, silahkan diterapkan. Kalau belum cocok, silahkan dilanjut ke tips selanjutnya.

2. Konsumsi Hidangan atau Makanan Bernutrisi Tinggi

Salah satu cara menguruskan badan tentunya tak lain dan tak bukan adalah memberikan asupan makanan bernutrisi lengkap, bergizi, kaya akan vitamin, dan protein agar kebutuhan dan Kesehatan tubuh terjaga dengan baik.

4 sehat 5 sempurna

Kamu bisa mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah, sayur, biji-bijian dan makanan berprotein tinggi yang terdapat pada ikan, telur, daging serta jangan lupa batasi makanan yang terlalu banyak garam dan gula. Jangan lupa, porsi makannya dikurangi ya.

3. Biasakan Diri untuk Sarapan di Pagi Hari

sarapan

Tips menurunkan berat badan ketiga cukup mudah dan nggak butuh extra effort lho, yup, kamu hanya tinggal membiasakan untuk sarapan di pagi hari. Konsisten sarapan terbukti bisa membantu suplai energi tubuh terpenuhi dengan baik sehingga kamu bisa menjalani aktifitas sehari-hari dengan maksimal.

4. Konsisten Berolahraga agar Berat Badan Turun Maksimal

Olahraga? Iya, meski males banget, anak jaman sekarang sering menggunakan istilah; “mager” selalu jadi dalih tameng nomor 1 untuk menunda untuk tidak berolahraga. Kalau begini terus, body goals langsing dan turun berat badan nggak akan tercapai.

olahraga

Maka dari itu, yuk mulai konsisten olahraga biar lemak di perut, pinggang, kaki, dan bagian tubuh lainnya jadi makin ramping, ada manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan lho, misalnya saja sistem peredaran darah jadi makin lancar, mood yang semakin baik dan stabil, tidur jadi nyenyak serta bisa menurunkan berat badan. Yuk mulai olahraga dari sekarang.

5. Tidur Teratur dan Cukup Setiap Hari

Faktanya, bila seseorang jam tidurnya kurang, maka ia lebih mudah beresiko terkena obesitas karena biasanya saat begadang seringkali diselingi dengan aktifitas ngemil, auto naik berat badan deh jadinya.

tidur cukup

Untuk itu, kamu harus mengubah kebiasaan tidurmu jadi lebih teratur dan tidur. Setidaknya kamu butuh 7-9 jam setiap harinya. Cara ini bisa dibilang adalah tips menguruskan tubuh secara alami. Kalau tidur teratur di malam hari, maka kamu bissa mengurangi ngemil atau makan berat pada dini hari.

By Andra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *