PerahuLayar.com – Pandemi Covid-19 yang mewabah di tahun 2020 telah menyadarkan banyak orang akan pentingnya berinvestasi dan memiliki dana darurat. Namun dikarenakan kondisi yang penuh ketidakpastian, pasar modal dan peluang investasi lain mengalami volatilitas yang kuat. Hasilnya, masyaratakat lebih memilih berinvestasi di reksa dana dan emas yang dianggap sebagai instrumen investasi safe haven.

Di sisi lain, dengan kondisi saat ini kita sudah mulai bisa sedikit beradaptasi dengan ketidakpastian dan bisa memilih instrumen investasi yang cocok. Jika tertarik untuk berinvestasi di beberapa instrumen, maka tidak ada salahnya untuk mencari altenatif investasi lain.

Berikut adalah instrumen investasi yang sekiranya akan menguntungkan dan berpotensi di tahun 2021 ini.

1. INVESTASI PROPERTI

Sejak dahulu, properti dianggap sebagai instrumen investasi yang menguntungkan karena memiliki potensi tinggi. Ini dikarenakan, properti merupakan jenis investasi yang tidak mudah tergerus kondisi zaman, termasuk pada masa pandemi seperti saat ini. Selain itu, nilai investasinya cenderung tumbuh positif seiring berjalannya waktu. Pasalnya, setiap tahun semua orang pasti akan memerlukan tempat tinggal.

investasi tahun 2021 perahulayar.com

Jika kita memiliki properti yang tidak digunakan di tahun 2021, maka tidak ada salahnya untuk menyewakannya kepada orang lain. Jika lokasi properti tersebut strategis, kita juga bisa mencoba untuk menjual properti yang dimiliki.

2. INVESTASI EMAS

Selanjutnya, peluang investasi yang dianggap menguntungkan adalah emas.Kondisi ekonomi dunia yang fluktuatif dengan adanya perang dagang sampai pandemi, telah membuat banyak orang lebih memilih peluang investasi dalam bentuk nyata.

Di dalam hal ini, investasi yang dipilih adalah berupa emas yang dapat terlihat secara fisik.

investasi tahun 2021 perahulayar.com

Sejak tahun 2019 sampai dengan tahun 2020, emas banyak dipilih karena masih memiliki keunggulan sebagai investasi safe haven. Terlebih lagi pada saat kondisi ekonomi kurang baik. Pergerakan harga emas pun cukup stabil, meskipun terkadang mengalami penurunan walau tidak begitu besar.

Jika kita sebelumnya sudah berinvestasi emas, maka kita bisa melanjutkannya pada tahun 2021 ini. Sementara itu, bagi investor pemula sebaiknya memulai dengan mengoleksi emas dalam jumlah kecil terlebih dahulu.

3. DEPOSITO

Instrumen investasi lainnya yang menguntungkan adalah deposito. Pada kondisi ini, investasi dalam bentuk deposito tidak begitu terdampak dari adanya pandemi. Deposito juga dirasa lebih aman karena dikelola secara transparan dengan pengawasan ketat dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Meskipun keuntungan peluang investasi deposito hanya berkisar pada 5%-7% per tahun, tetapi jika dikelola dengan baik maka deposito akan menjadi passive income yang menjanjikan.

investasi tahun 2021 perahulayar.com

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada deposito, kita harus memikirkannya secara matang. Kita harus konsisten untuk tidak menarik dana saat investasi sedang berjalan.

Pasalnya, hal ini akan membuat kita terkena biaya penalti bila menarik dana sebelum masa tenor habis. Bahkan, jika penarikannya dalam jumlah besar, bisa membuat kita kehilangan potensi investasi menguntungkan.

4. REKSA DANA

Reksa dana juga bisa menjadi peluang investasi cukup menguntungkan pada tahun 2021 ini. Sebenarnya, jenis investasi ini mirip dengan investasi deposito. Bedanya, dana yang telah kita kumpulkan akan dikelola oleh manajer investasi (MI) dalam bidang bisnis tertentu. Nantinya, MI juga yang akan membagikan keuntungan investasi pada para investor.

investasi tahun 2021 perahulayar.com

Di masa pandemi seperti sekarang, sebaiknya kita tidak perlu panik sampai melakukan pencairan atau redemption reksa dana. Pasalnya, hal ini akan menyebabkan penurunan aset. Jika perlu, kita seharusnya melakukan top up atau penambahan jumlah investasi reksa dana.

Ini dikarenakan terdapat peluang nilai unit investasi terdiskonto. Kita juga perlu mengatur risiko dan jangka waktu investasi sesuai kebutuhan.

5. SAHAM

Peluang investasi menjanjikan lain di tahun 2021 adalah saham. Saham termasuk investasi menguntungkan dikarenakan beberapa faktor. Beberapa pengamat menilai bahwa recovery ekonomi di tahun 2021, akan membuat suku bunga diprediksi masih rendah. Selain itu, likuiditas pasar cenderung baik.

Kondisi tersebut dinilai menguntungkan bagi pasar modal, walaupun dampaknya berbeda di tiap saham.

investasi tahun 2021 perahulayar.com

Investasi saham pun dinilai bisa tumbuh lebih baik jika dibandingkan dengan obligasi. Tidak hanya itu, banyak investor juga mulai melirik saham yang ada di Indonesia karena berakhirnya Pemilu Presiden yang ditengarai menjadi angin segar bagi keberlangsungan investasi saham.

Berdasarkan kondisi ini, investasi saham bisa menjadi peluang investasi yang menguntungkan bagi kita.

By Andra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *