Apa itu reksadana? – Di zaman serba canggih dan digital ini, banyak sekali bermunculan jenis-jenis investasi seperti saham, obligasi, deposito berjangka, hingga peer to peer lending. Nah, salah satu jenis investasi yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang namun namanya belum disebutkan ialah reksadana. Menurut banyak orang, investasi dengan reksadana mendatangkan banyak sekali keuntungan. 

Namun, apabila ditanyakan lebih lanjut mengenai apa itu reksadana, masih banyak orang yang kebingungan untuk menjawab hal tersebut meskipun telah melakukan investasi disana. Lalu sebenarnya, apa itu reksadana?

Menurut OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, reksadana adalah suatu wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama ‘Manajer Investasi‘, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti : saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Dalam hal ini, reksadana memiliki bentuk hukum KIK atau Kontrak Investasi Kolektif dan dibagi menjadi dua yaitu reksadana pasar terbuka dan reksadana pasar tertutup. Lalu, apa itu reksadana menurut undang-undang pasar modal?

Berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995, pasal 1 ayat (27), reksadana adalah sebuah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang kemudian dana tersebut akan diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Atau secara sederhana, reksadana adalah sebuah wadah untuk mengumpulkan dana kolektif investor yang kemudian dana tersebut akan diatur oleh manajer investasi di pasar modal maupun pasar saham.

Dari pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa reksadana adalah sebuah alternatif investasi untuk berbagai kalangan, namun lebih ditujukan terhadap kalangan dengan modal kecil yang tidak memiliki waktu dan juga keahlian dalam bidang investasi. Reksadana juga diatur oleh seorang manajer investasi yang akan mengelola dana investor di pasar modal atau pasar uang.

Keuntungan Menggunakan Investasi Jenis Reksadana

Suatu hal yang disebut sebagai investasi biasanya sangat erat hubungannya dengan keuntungan. Hal ini juga berlaku pada jenis investasi reksadana, dimana investasi reksadana adalah sebuah alat terbaik investasi bagi pemula.

Investasi reksadana adalah suatu hal yang paling sering dilakukan oleh berbagai usia  dari kaum muda hingga tua karena mendatangkan banyak sekali keuntungan. Namun, apa saja keuntungan yang akan didapat dari investasi reksadana? Nah, berikut ini beberapa keuntungan investasi reksadana.

  1. Reksadana merupakan salah satu tempat investasi yang dikelola oleh seorang tenaga ahli, yaitu manajer investasi. Dimana, manajer investasi ini akan membaca berbagai peluang untuk memaksimalkan hasil dari investasi.
  2. Investasi reksadana adalah salah satu tempat investasi yang paling sering sekali dipakai oleh para pemula. Hal ini dikarenakan resiko kegagalannya yang minim, investasinya terjangkau, hingga fleksibel dan dapat dilakukan oleh pemula.
  3. Salah satu keuntungan lainnya untuk investasi reksadana adalah terjaganya likuiditas. Disini, investor dapat mencairkan kembali investasinya setiap hari, yang mana artinya memberikan kemudahan untuk mengatur kebutuhan para investornya.

Kerugian Menggunakan Investasi Jenis Reksadana

Ada untung pasti ada juga yang namanya rugi. Investasi reksadana sendiri selain memiliki banyak keuntungan bagi para investornya, tentunya memiliki kerugian juga, loh. Nah, berikut ini kerugian yang bisa kamu dapatkan dari berinvestasi di reksadana.

  1. Adanya resiko berkurangnya unit akibat perkembangan pasar uang dan modal, dimana menyebabkan nilai reksadana per unit mengalami fluktuasi.
  2. Adanya resiko likuiditas. Meskipun likuiditas di reksadana terjaga, namun tetap saja memiliki potensi untuk mengalami suatu permasalahan. Hal ini biasanya disebabkan oleh manajer investasi yang kesulitan untuk melakukan penjualan unit yang dipegangnya.
  3. Investor akan dikenakan biaya atas investasinya yang dikelola oleh manajer investasi ataupun bank kustodian.

Nah, itulah beberapa pengertian, keuntungan, serta kerugian dari reksadana. Reksadana ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin berinvestasi secara legal. Hal ini dikarenakan reksadana telah memiliki izin dan mendapatkan sebuah pengawasan dari OJK. 

Setelah membaca artikel diatas, diharapkan agar kamu menjadi tahu mengenai apa itu reksadana serta keuntungan dan kerugian yang akan kamu peroleh jika melakukan investasi di reksadana ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *