beli rumah kpr

Beli rumah KPR merupakan salah satu solusi alternatif yang dipilih kebanyakan orang untuk mewujudkan mimpinya agar memiliki rumah. Di tengah sulitnya keadaan ekonomi seperti sekarang, pembelian rumah dengan sistem seperti ini dapat membantu mereka untuk tetap memiliki tempat tinggal sendiri dan pastinya cepat.

Bicara tentang beli rumah KPR, sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu KPR. KPR sendiri ialah sistem pembelian rumah dengan cara mencicil dalam jangan waktu serta bunga yang telah disepakati kedua belah pihak.

Pembelian rumah dengan sistem KPR ini membuat kamu sebagai pengguna hanya cukup untuk mengangsur cicilan rumah idaman setiap bulannya dengan jumlah yang telah ditentukan. Sistem KPR ini membantu kamu untuk memiliki rumah tanpa perlu lagi harus menunggu mengumpulkan uang yang entah sampai kapan mencukupi.

Dengan menggunakan sistem KPR ini, kamu tidak perlu lagi memiliki dana yang besar untuk mendapatkan rumah. Selain itu, kamu juga dapat mengalokasikan dana untuk keperluan lain hingga mendapatkan perlindungan asuransi untuk hunian.

Namun, meskipun sistem KPR memiliki banyak sekali keuntungan, kamu juga harus mengetahui kerugian apabila kamu menerapkan atau menggunakan sistem ini.

Dalam melakukan pembelian rumah secara KPR ini, kamu pastinya akan mendapatkan sebuah beban keuangan yang timbul dari cicilan rumah. Kamu juga akan membayar rumah dengan harga yang lebih besar daripada aslinya serta bisa mendapatkan bunga yang lebih besar ketika perekonomian sedang tidak stabil.

Untuk pembelian rumah sendiri, lebih disarankan untuk membeli secara tunai. Hal ini dikarenakan membeli rumah secara tunai lebih aman daripada beli rumah KPR. Selain itu, dengan membeli rumah secara tunai kamu akan terhindar dari kenaikan suku bunga yang tiba-tiba hingga harga yang lebih mahal, loh.

Nah, buat kamu yang memiliki rencana membeli rumah dalam janga waktu dekat ini, ada beberapa tips membeli rumah, nih, yang bisa kamu ikuti agar bisa lebih selektif. Apa saja itu? Yuk, baca lebih jauh.

Info Seputar Syarat dan Ketentuan Pengajuan KPR Rumah

1.    Pilihlah lokasi strategis

Sebelum membeli rumah, salah satu hal yang harus diperhatikan ialah penentuan lokasi. Lokasi menjadi salah satu aspek vital ketika kamu membeli sebuah rumah. Lokasi yang tepat dan strategis akan membuat harga lebih stabil dan menyebabkan kenaikan demand.

2.     Akses transportasi

Akses transportasi menjadi aspek kedua terpenting sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah. Kamu harus memperhatikan bahwa properti atau rumah yang kamu beli dapat dijangkau dengan mudah oleh berbagai transportasi seperti angkutan umum ataupun lainnya.

Akses transportasi akan mendukung segala aktivitas yang kamu lakukan seperti bekerja, sekolah, berbelanja ataupun lainnya.

3.    Memperhatikan material bangunan

Material bangunan sangat penting untuk kamu perhatikan ketika membeli sebuah properti ataupun rumah. Tidak mau kan kamu apabila rumah yang kamu beli tiba-tiba miring ataupun runtuh?

Pastikan ketika membeli rumah, material yang digunakan ialah batu bata, pelat beton, hingga rangka atap baja. Hal ini akan membuat rumah kamu lebih kokoh, baik, dan juga awet. Pastikan juga untuk menanyakan bahan yang digunakan untuk membangun ya.

4.    Menentukan tipe yang diinginkan

Ketika membeli rumah, pastikan untuk memilih tipe rumah sesuai seperti yang kamu inginkan dan harapkan. Pastikan juga model dan gaya arsitektur yang diterapkan cocok sesuai selera kamu. Yang terakhir, pastikan juga untuk memperhatikan kapasitas rumah tersebut. Usahakan agar kapasitasnya memadai untuk anggota keluarga kamu, ya.

5.    Menentukan cara pembelian

Last but not least, hal ini juga penting untuk kamu lakukan sebelum membeli rumah. Terdapat dua pilihan untuk kamu ketika ingin membeli rumah yaitu KPR ataupun cash.

Jika dana yang kamu punyai cukup dan tidak ada pembiayaan lainnya dalam jangka waktu dekat, usahakan untuk membeli rumah secara cash. Hal ini akan membuat kamu terhindar dari tanggungan bulanan yang cukup besar. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari fluktuatif bunga, loh.

Namun, apabila kamu tidak memiliki dana yang cukup tetapi ingin membeli rumah, kamu bisa melakukan transaksi secara KPR, loh. Meskipun terdapat beberapa beban yang harus ditanggung, kamu tetap bisa membeli rumah tanpa harus menunggu uang tabungan mencukupi.

Itulah beberapa tips membeli rumah yang bisa kamu ikuti ketika akan membeli rumah. Nah, seperti pada point nomer 5, apabila kamu mampu untuk membeli rumah secara cash, usahakan untuk membelinya dengan metode itu. Banya sekali keuntungan yang kamu dapatkan dari membeli rumah secara cash.

Namun, apabila kamu hanya mempunyai dana yang masih kurang dan tetap tidak ingin membeli rumah secara KPR, kamu bisa nih menabung terlebih dahulu untuk membeli rumah. Ada nih beberapa cara menabung untuk membeli rumah. Beberapa cara tersebut ialah

Ingin Sukses? 8 Strategi Bisnis Properti Ini Bisa Anda Coba | Rumah123.com

1.    Pastikan untuk memiliki tujuan yang jelas

Hal ini merupakan hal utama dalam cara menabung untuk membeli rumah. Mengapa? Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu bisa fokus dan bersungguh-sungguh ketika akan memulai untuk menabung.

Ketika kamu fokus dan bersungguh-sungguh, biasanya hasil yang kamu dapatkan akan membuat kamu puas.

2.    Mengelola pengeluaran dengan ketat

Tanpa adanya sebuah perhitungan, kamu akan dengan mudah mengeluarkan uang. Hal ini akan membuat kamu tanpa sadar menghabiskan uang tersebut dan melupakan tujuan awal kamu menabung.

3.    Disiplin dan memiliki komitmen yang kuat

Menabung bukanlah perkara yang mudah untuk dijalani. Pasti saja ada hambatan-hambatan yang datan ketika kita akan memulai menabung. Seperti bencana yang tiba-tiba datang ataupun keperluan mendesak lainnya.

Dari hal tersebut, kamu dilatih untuk tetap disiplin dan memiliki komitmen yang kuat agar tujuan kamu tercapai. Usahakan untuk dapat mem-manage segala urusan dengan baik tanpa perlu melibatkan uang tabungan kamu.

4.    Tentukan Target

Kegiatan menabung akan terasa lebih mudah dan mengasyikan ketika tersusun secara baik. Dalam menabung, kamu harus memiliki sebuah target yang mejadi patokan kamu sejak awal. Hal ini tentunya dapat membuat kamu dapat mengontrol keuangan menjadi lebih baik sehingga target kamu tercapai dengan mudah.

Itulah beberapa cara menabung untuk membeli rumah secara efektif yang dapat kamu ikuti. Dalam membeli rumah, usahakan agar tidak beli rumah KPR. Hal ini dikarenakan banyak sekali resiko yang harus kamu tanggung ketika melakukan sistem KPR tersebut. Kamu juga bisa menerapkan tips membeli rumah seperti yang tertera diatas agar bisa memilih rumah sesuai dengan keinginan dan tidak terkesan asal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *