modal usaha

Bagi kamu yang lelah bekerja di Perusahaan dan berpikir ingin pensiun dini, mungkin salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membuka usaha baru. Cobalah berselancar di internet, terdapat banyak ide bisnis yang bisa dicoba. Mulai dari membuka bisnis online, bisnis kuliner, bisnis peralatan kesehatan atau bisnis yang lainnya.  Banyaknya ide bisnis seringkali tidak sejalan dengan modal yang miliki, betul tidak? Solusi terbaik untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman uang.

Tidak jarang Anda bingung kemana harus meminjam uang. Berikut beberapa referensi tempat untuk mengajukan pinjaman uang yang cepat dan prosesnya relatif mudah. Apa saja itu?

Rekomendasi Tempat Meminjam Uang Proses Mudah dan Kilat

1. Pegadaian

Mengajukan pinjaman uang di Pegadaian lebih cepat di banding Bank. Apalagi, outlet pegadaian sudah tersebar di seluruh Indonesia. Anda hanya perlu membawa agunan yang akan dijadikan jaminan pinjaman. Bisa berupa emas batangan, sertifikat tanah, BPKB mobil/ motor, dan barang berharga lainnya. Biasanya pihak pegadaian akan menaksir harga dari barang agunan tersebut. 

Ada beberapa jenis pinjaman di Pegadaian yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, dengan bunga yang bervariatif mulai 0,75% per 15 hari hingga 1,25% per bulan.

2. Bank

Bukan rahasia lagi, jika Anda bisa mengajukan pinjaman uang di Bank. Lembaga keuangan seperti Bank menawarkan bunga cukup rendah dengan tenor pinjaman yang lebih panjang. Namun untuk mengajukan pinjaman agak ribet. Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi apabila ingin mengajukan pinjaman di Bank, misalnya :

  1. Membawa dokumen identitas diri (Fotokopi KK, dan  KTP suami/ istri)
  2. Melampirkan dokumen akta nikah
  3. Menunjukkan bukti buku tabungan yang masih aktif. Buku tabungan dapat dijadikan acuan kesanggupan Anda saat melunasi pinjaman.
  4. Menyertakan slip gaji. Slip gaji menjadi salah satu faktor penentu atau parameter pengajuan pinjaman Anda akan diterima atau tidak.
  5. Bukti bahwa Anda tidak mempunyai cicilan hutang lain. Biasanya pihak Bank melakukan pengecekan melalui BI checking untuk mengetahui riwayat kredit calon peminjam. Jika memiliki riwayat buruk, biasanya pinjaman jarang diloloskan.

3. Pinjaman Online

Bagi sebagian orang yang ingin praktis dalam mengajukan pinjaman uang, maka pinjaman online menjadi pilihannya. Belakangan banyak sekali aplikasi pinjaman online yang dapat diunduh di PlayStore / Appstore. Beberapa aplikasi pinjaman online yang bisa digunakan adalah Kredit Pintar, Kredivo, maucash. Kredit Pintar, Kredivo dan maucash sendiri sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK dan juga AFTECH.

Demikian beberapa tips cara mendapatkan modal usaha, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *