Pinjaman online

Apa itu pinjaman online? Temukan jawaban mengenai pengertian, manfaat, serta tips memilihnya, pada penjelasan berikut.

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi pertumbuhan yang cepat dalam industri keuangan di Indonesia, terutama pada sektor pinjaman online. Hal ini kemudian menjadikan istilah pinjaman online sebagai sesuatu yang familiar oleh banyak pihak. Namun, mungkin masih banyak juga yang bertanya-tanya, seperti apa itu pinjaman online?

Pada awalnya, ketika seseorang sedang membutuhkan pinjaman dana, maka institusi yang pertama kali akan dituju adalah bank. Meskipun begitu, dalam hal ini tidak jarang terjadi pengalaman-pengalaman yang kurang menyenangkan, seperti pengajuan kredit yang ditolak, ataupun pencairan kredit yang memakan waktu yang begitu lama. Selain itu, persyaratan dan proses yang biasanya harus dilalui begitu ada begitu banyak dan juga tergolong panjang.

Permasalahan tersebut kemudian mendorong berkembangnya suatu alternatif baru, yakni pinjaman online. Terkait hal ini, kemudian bermunculan banyak pertanyaan seperti, Apa itu pinjaman online? Apakah pinjaman online berarti semua urusan peminjaman dana dilakukan secara online, atau seperti apa? Apa manfaat dari pinjaman online? Apakah pinjaman online itu aman? 

Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, di bawah ini akan dijelaskan pengertian pinjaman online, manfaat pinjaman online, dan juga tips memilih platform penyedia pinjaman online. Oleh karena itu, simak terus uraian di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjut. 

Pengertian Pinjaman Online

pinjaman online

Apa itu pinjaman online? Pinjaman online pada dasarnya merupakan pinjaman yang bisa diajukan secara online, tanpa perlu melakukan kontak secara langsung secara bertatap muka. 

Pinjaman online dalam hal ini berbeda dari pengajuan pinjaman pada bank secara konvensional. Dalam mengajukan pinjaman online ini, kamu tidak akan kerepotan, karena hal-hal yang diperlukan hanyalah ponsel dan koneksi internet.

Selain itu, pengajuan pinjaman online ini tidak memerlukan waktu yang lama. Bahkan ada beberapa platform yang menawarkan pencairan pinjaman dana hanya dalam hitungan beberapa menit. Prosesnya pun dapat terbilang cepat, dan tidak memerlukan persyaratan yang begitu banyak.

Manfaat Pinjaman Online

1.  Proses mudah

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, pengajuan pinjaman online, merupakan sebuah proses yang sangatlah mudah. Dalam hal ini pengajuan dilakukan secara online. Kamu tidak diwajibkan untuk bertemu dengan pihak penyedia pinjaman.

Hanya dengan modal ponsel dan koneksi internet saja, kamu sudah bisa mengurus semua prosesnya. Dengan begitu, kamu dapat menghemat lebih banyak waktu dan tenaga yang dikeluarkan. 

Selain itu, dalam pinjaman online, kamu tidak perlu pusing memikirkan agunan atau jaminan. Hal ini tentu berbeda dari pinjaman bank yang mewajibkan adanya agunan berikut dengan syarat-syaratnya yang cukup merepotkan.

2.  Dana cepat Cair

Salah satu kelebihan dari pinjaman online adalah kecepatannya dalam pencairan dana. Pada pinjaman online, pengajuan dana yang diajukan bisa cair dalam waktu 1-3 hari saja. Bahkan, banyak pinjaman online yang bisa mencairkan dana begitu cepat hanya dalam hitungan jam.

Pencairan dana yang cepat ini disebabkan oleh tidak adanya persyaratan berupa agunan, sehingga tidak melalui proses penaksiran aset. Proses penaksiran aset inilah yang sebenarnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain itu juga, semua proses pelengkapan data dapat dilakukan secara online, sehingga semua pengajuan bisa diproses dengan cepat.

3.  Digunakan Untuk Segala Keperluan

Pengajuan pinjaman bank biasanya hanya terbatas kepada beberapa keperluan tertentu, seperti kredit rumah, kredit mobil atau modal usaha saja. Adapun pada pinjaman online, dana yang diberikan bisa kamu gunakan untuk segala keperluan, mulai dari membeli keperluan rumah tangga, maupun pembiayaan pendidikan.

Tips Memilih Platform Pinjaman Online

Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan dalam menjawab pertanyaan seperti apa itu pinjaman online yang baik? Tips-tips ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya penipuan atau manipulasi pada kontrak. Oleh karena itu, simak terus penjelasan mengenai tips memilih platform pinjaman online di bawah ini.

1.  Pastikan Keamanan Platform Pinjaman Online

Hal pertama yang harus dilakukan dalam memilih platform pinjaman online adalah dengan memastikan keamanan platform pinjaman online tersebut. Adapun salah satu cara yang dapat dilakukan dalam hal ini adalah dengan mengecek apakah platform tersebut merupakan pinjaman online OJK, atau pinjaman online yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Platform pinjaman online OJK harus menjadi prioritas utama pilihan, karena platform pinjaman online OJK adalah platform-platform yang sudah resmi dan legal, serta diawasi oleh regulasi keuangan yang ada di Indonesia. 

2.  Pastikan Keamanan Website dan Aplikasi.

Memastikan keamanan website dan aplikasi merupakan hal penting dalam memilih platform pinjaman online. Tujuannya adalah untuk dapat menghindari pencurian data diri yang dapat disalahgunakan.

 Apabila website dan aplikasi platform tersebut terlihat mencurigakan ataupun tidak memiliki sistem keamanan yang mumpuni, maka kamu perlu mengeliminasi platform tersebut dari pilihan, karena kemungkinan akan terjadi pencurian data menjadi lebih besar.

Salah satu cara mudah dan simpel dalam mengidentifikasi apakah situs pinjaman online tersebut dapat dikatakan aman adalah dengan melihat lambang gembok pada ujung kiri aja dekat alamat website. Jika website tersebut memiliki lambang ini, maka dapat dipastikan platform pinjaman online tersebut memiliki sistem keamanan yang baik.

3.  Pastikan Kontrak Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, kamu harus terlebih dahulu memahami isi kontrak pinjaman tersebut. Kontrak pinjaman adalah aturan yang berlaku bagi kedua pihak yakni antara peminjam dan pemberi pinjaman. Pastikan memilih pinjaman online dengan kontrak yang masuk akal dan tidak merugikan. 

Kontrak perjanjian tentunya akan bervariasi, sesuai dengan besaran pinjaman yang diajukan. Untuk pinjaman dengan jumlah yang kecil dan untuk jangka waktu pendek, maka kontrak perjanjiannya akan lebih sederhana.

Adapun untuk pinjaman dengan jumlah yang lebih besar dan untuk jangka waktu yang cukup lama, maka isi perjanjian kontraknya biasanya akan lebih rumit. 

4.  Pastikan Fleksibilitas 

Fleksibilitas yang dimiliki oleh platform pinjaman online dalam hal ini ditunjukkan dalam jumlah besaran yang bisa dipinjam dan jangka waktu pinjaman. Pada platform pinjaman online sendiri, biasanya besaran pinjaman dana yang ditawarkan berkisar dari Rp 500 Ribu hingga Rp 20 Juta atau lebih. 

Selain itu, untuk jangka waktu yang diberikan sangat bervariasi. Jangka waktu pinjaman yang diberikan mulai dari 1 bulan hingga 3 Tahun. Memastikan fleksibilitas jangka waktu dalam hal ini penting untuk mengetahui kapabilitas bayar kamu.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu pinjaman online dan juga tips-tips yang bisa kamu gunakan ketika ingin mengajukan pinjaman online. Tentunya kamu pasti bingung platform pinjaman online mana yang harus kamu pilih dari sekian banyak platform pinjaman online yang tersedia.

Salah satu rekomendasi platform pinjaman online yang mungkin bisa kamu pilih adalah Kredit Pintar. Platform pinjaman yang satu ini  telah terpercaya karena merupakan salah satu pinjaman online OJK.  Kredit Pintar menawarkan kemudahan dalam pengajuan pinjaman online, dimana kamu hanya membutuhkan waktu 5-10 menit saja untuk memproses pengajuan pinjaman. Selain itu, Kredit Pintar telah berhasil mendanai pinjaman dana dari jutaan orang.  Jadilah salah satu diantara mereka, dengan mengunjungi website Kredit Pintar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *