bisnis modal kecil perahulayar.com

5 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Tahun 2021– Selama pandemi di tahun 2020, banyak teman atau kenalan yang sudah merintis bisnis mereka di saat kamu banyak menghabiskan waktu berdiam diri di rumah karena pandemi COVID-19.

Melihat geliat mereka menggeluti bisnis ini membuat kita jadi ikut termotivasi untuk memulai bisnis juga. Ini kan kita sudah memasuki tahun 2021, lebih baik kita membuka bisnis mumpung masih ada semangat tahun baru.

Berikut 5 ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba di tahun 2021 nanti.

1. Content Creator atau Jasa Pembuatan Konten

Sekarang ini media sosial masih jadi ladang yang hijau untuk berjualan dan mempromosikan produk. Untuk mempromosikan produk di sosial media, pemilik brand harus memposting konten yang menarik dan mampu mendorong penjualan.

Hal ini yang sering jadi keterbatasan para pemilik brand yang membuat mereka rela membayar mahal para content creator atau jasa pembuatan konten. Itulah mengapa jasa pembuatan konten sedang banyak dicari belakangan ini. Konten yang dimaksud bisa berupa gambar atau video. Beda platform media sosial tentunya memiliki tipe konten yang berbeda juga.

Nah, kalau kamu tertarik menyediakan jasa pembuatan konten, binis modal kecil ini bisa dengan mudah dilakukan bahkan tanpa modal sekalipun. Banyak content creator yang membuat konten dengan peralatan yang sudah dimiliki. Kamu bisa mulai jadi content creator hanya dengan ponsel kamu!

2. Konsultan Media Sosial

Masih di seputar area sosial media. Banyaknya pelaku bisnis yang mempromosikan produknya melalui sosial media membuat orang-orang dengan ekspertis dalam bidang media sosial juga sangat dicari.

Seorang konsultan media sosial biasanya akan memberi arahan dan insight untuk mengubah “cara main” brand tersebut di media sosial supaya lebih menarik di pasaran. Selain itu, konsultan sosial media juga membuat strategi komunikasi brand tersebut di media sosial melalui konten-konten yang akan diunggah.

Jasa ini juga sering dipakai loh untuk mengetahui bagaimana kompetitor dari suatu brand berkomunikasi di media sosial, dan nantinya menggunakan data tersebut untuk membuat strategi komunikasi brand yang jadi klien.

Menawarkan jasa sebagai konsultan media sosial juga hanya butuh modal kecil. Kamu hanya perlu laptop dan ponsel yang sudah kamu miliki serta jaringan internet.

3. Mengajar Online

Selama pandemi ini banyak sekali bermunculan kelas-kelas webinar yang menawarkan pengembangan untuk berbagai keterampilan. Ada yang gratis ada juga yang berbayar. Nah, kalau kamu punya keterampilan khusus yang bisa diajarkan ke banyak orang, kamu bisa menjual kelas online.

Keahlian yang kamu tawarkan bisa bermacam-macam, bisa memasak, bertukang, mekanik mobil, membetulkan pipa air, menjahit, berkebun, dan lain sebagainya. Kamu bisa jadi mentor dan menyediakan kelas online-mu sendiri di berbagai website berikut:

Dengan menjadi mentor, kamu bisa mendapat penghasilan tak terhingga, loh!

4. Dropshipper

Nah, buat kamu yang ingin berjualan tapi tidak ingin keluar banyak uang untuk modal, kamu bisa cobain jadi dropshipper. Bahkan modal bisnis ini cocok untuk pemula karena hanya butuh modal kecil dan rendah risiko.

Cara kerjanya, seorang dropshipper hanya perlu mempromosikan produk yang dijual oleh supplier tanpa harus membelinya dan menyimpannya ke dalam stok kamu. Jika ada pesanan, kamu hanya perlu meneruskan pesanannya ke supplier, dan supplier yang akan mengirimkan pesanan tersebut ke pembeli.

5. Berjualan Makanan Sehat

Dengan datangnya pandemi COVID-19 di Indonesia meningkatkan kesadaran banyak orang untuk memulai pola hidup sehat.  Salah satu cara yang mereka tempuh untuk menjalani healthy lifestyle mereka adalah dengan mulai mengonsumsi makanan sehat.

Ini jadi peluang buat kamu yang suka masak nih! Kamu bisa mulai memasarkan jualanmu dari teman-teman di grup Whatsapp dulu. Lalu kamu bisa bermitra dengan layanan delivery makanan online.

Itu dia beberapa ide bisnis yang bisa kamu lakukan di tahun 2021. Punya ide bisnis lainnya? Bagikan di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *