Bingung belanja online dimana? Berikut ini situs online shopping di Indonesia yang bisa menjadi pilihan.

Fenomena belanja online saat ini sudah merupakan hal yang lumrah. Hal ini kemudian mendorong berkembangnya website-website online shopping di Indonesia, yang menawarkan berbagai produk dengan harga yang beragam. Adapun macam-macam website yang banyak menjadi pilihan di antaranya adalah Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan juga OLX.

Keleluasaan dan kemudahan yang ditawarkan oleh masing-masing website online shopping di Indonesia, menjadi pertimbangan utama pelanggan dalam memilih platform belanja online. Selain itu, benefit-benefit yang tidak kalah pentingnya seperti adanya fitur gratis ongkir, serta adanya pemberian  voucher-voucher lainnya seperti cashback dan potongan harga, juga menjadi pertimbangan yang tidak kalah penting.

Situs Online Shopping di Indonesia

Banyaknya situs online shopping yang bertebaran kadang bisa membuat kita kebingungan dalam memilih platform mana yang akan digunakan. Namun, kamu sudah tidak perlu khawatir lagi, karena pada kali ini, akan dijelaskan beberapa situs online shopping di Indonesia yang banyak dipilih masyarakat. Adapun website-website tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1.  Tokopedia

Tokopedia taps New Relic for IT observability services

Berada di urutan pertama, pada tahun 2019 Tokopedia dinobatkan sebagai situs online shopping yang paling sering dikunjungi di Indonesia. Berdasarkan penobatan yang diberikan oleh CupoNation ini, dikatakan bahwa jumlah pengunjung website Tokopedia mencapai 1,2 miliar.  

Tentunya hal ini tidak terlepas dari banyaknya kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh Tokopedia itu sendiri. Selain itu, manfaat ini tidak hanya dirasakan oleh pelanggan saja, akan tetapi juga dirasakan oleh pihak pemilik toko online di Tokopedia itu sendiri. Melalui taglinenya, “Mulai Aja Dulu”, Tokopedia ikut serta dalam mendorong dan mendukung semakin berkembangnya UMKM Indonesia.

Adapun berkaitan dengan kemudahan yang ditawarkan oleh Tokopedia dalam hal ini adalah, kemudahan dalam metode pembayarannya. Selain itu, metode pembayaran ini juga tergolong aman dan dapat dipercaya, dimana setiap transaksi keuangan antara pembeli dan penjual akan dapat terkonfirmasi dengan mudah.

Dari segi keuntungannya, Tokopedia sering memberikan promo-promo menarik. Promo ini dikemas dalam bentuk kode-kode unik yang bisa kamu apply ketika berbelanja, untuk mendapatkan potongan diskon hingga 90%. Selain itu, Tokopedia juga kerap memberikan promo berupa cashback dan gratis ongkir tanpa batasan, pada tanggal-tanggal tertentu.

2.  Shopee

Shopee BLACKPINK

Situs online shopping di Indonesia yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kemudahan dan kelengkapannya. Segala jenis barang dapat kamu temukan dengan mudah disini. Tidak hanya itu, kamu dapat membayar tagihan bulanan, membeli pulsa dan kuota, serta voucher-voucher makanan dan minuman di sini.

Shopee juga mengklaim memiliki produk-produk dengan harga termurah dibandingkan situs online shopping di Indonesia lainnya. Dengan fitur Garansi Harga Termurah, kamu bisa mengklaim penggantian uang dua kali lipat, dari harga yang telah dibelanjakan pada produk bertanda ‘Garansi Harga Termurah’. 

Untuk dapat mengklaimnya, kamu harus melampirkan link dari produk yang sama dari situs marketplace lainnya, dengan harga yang lebih murah. Fitur ini tentu sangat berguna bagi kamu para pejuang irit yang tetap mementingkan gocengan.

Selain itu, keuntungan yang ditawarkan Shopee juga berupa penyediaan fitur-fitur menarik lainnya seperti Serba Seribu, Pasti Diskon 50%, Diskon Brand Populer, dan Reward Koin Shopee dengan memberikan kamu sejumlah koin yang dapat kamu gunakan sebagai potongan harga.

3.  Lazada

Lazada

Situs online shopping yang satu ini, selain populer di Indonesia, ternyata juga populer di negara-negara lainnya seperti Thailand, Singapura, Malaysia, dan juga Vietnam. Telah beroperasi sejak 2012, Lazada menawarkan bermacam-macam produk mulai dari kebutuhan elektronik, kebutuhan sehari-hari, kebutuhan kantor, dan lain-lain.

Situs online shopping Lazada, selalu memberikan banyak promo menarik setiap harinya. Dengan fitur Flash Sale, Lazada menawarkan berbagai produk yang telah di diskon dengan potongan yang cukup besar, yakni mencapai 99%.

Selain banyaknya promo menarik yang ditawarkan, Lazada juga banyak menjadi pilihan oleh pelanggan dalam berbelanja, dikarenakan banyaknya manfaat-manfaat yang bisa didapatkan. Dalam hal ini, Lazada menawarkan sebuah layanan pengembalian produk, apabila terjadi cacat ataupun kerusakan pada produk yang kamu beli.

Tidak berhenti sampai disini, kemudahan yang ditawarkan Lazada meliputi kemudahan dalam metode pembayaran, aplikasi kartu kredit, hingga kemudahan dalam menemukan produk-produk original, dan juga pemberian gratis ongkir dengan minimal pembelian tertentu.

4.  Bukalapak

Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu situs online shopping di Indonesia dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak. Adapun jumlah pengunjung situs ini dalam sebulan bisa mencapai 35 ribu pengunjung.

Sama halnya dengan Tokopedia, Bukalapak merupakan salah satu platform yang aktif dalam membantu para pelaku UMKM Indonesia. Achmad Zaky sebagai founder dari Bukalapak mengatakan bahwa, dengan terhubung secara online melalui Bukalapak, diharapkan UMKM dapat lebih terbantu dalam menjangkau pasar yang lebih luas.

Untuk mendukung hal itu, Bukalapak kemudian memberikan cashback serta meluncurkan fitur Super Seller, dan fitur bermanfaat lainnya seperti ongkos kirim Rp 0 saja.

Menjelang lebaran, Bukalapak kemudian merencanakan pembukaan fitur baru yakni Buka Zakat, yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan sebagai media penyaluran Zakat yang cenderung sulit dilakukan pada situasi pandemi seperti ini.

5.  OLX

Indonesia's TokoBagus rebrands to OLX.co.id

Situs OLX sebelumnya dikenal dengan nama tokobagus.com. Situs online shopping di Indonesia ini, merupakan salah satu situs yang memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi dan dinamis. OLX sering digunakan oleh komunitas-komunitas lokal dalam bertransaksi seperti menjual, membeli maupun menukarkan barang. 

Tercatat bahwa setiap bulannya, OLX menjangkau lebih dari ratusan juta pelanggan yang sedang membutuhkan ataupun ingin menjual beberapa produk seperti mobil, properti, peralatan olahraga, smartphone, komputer, dan lain sebagainya. 

OLX memiliki beberapa fitur utama yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Beberapa fitur tersebut antara lain adalah fitur berbagi iklan, fitur pencarian yang mudah dioperasikan, Verified Member yang bisa memudahkan kamu untuk mencari toko terpercaya, hingga jangkauannya yang cukup luas. 

Beberapa kelebihan dari OLX antara lain adalah banyaknya variasi barang dan jasa yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, jika kamu pelaku bisnis dan ingin menayangkan iklan di OLX dan memiliki produk potensial, maka tidak perlu menunggu waktu lama untuk iklan tersebut di respon oleh calon pembeli. 

Itu dia penjelasan singkat mengenai beberapa situs online shopping di Indonesia yang antara lain terdiri dari Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan juga OLX. Semoga setelah membaca penjelasan mengenai keunggulan dari masing-masing situs tersebut, kamu akan bisa menentukan mana pilihan yang tepat dalam berbelanja online.

Setelah menelusuri satu persatu dari situs belanja online tersebut, mungkin kamu akan menemukan berbagai promo dan diskon menarik yang sayang untuk dilewatkan. Bagi kamu yang gajiannya belum cair, ataupun sudah terlebih dahulu habis, kamu bisa mengajukan pinjaman online Kredit Pintar. Dengan ini, kamu tetap dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan kamu meskipun dompet sedang kosong.

Proses aplikasi pinjaman online Kredit Pintar ini pun tergolong mudah. Hanya dengan menyiapkan KTP dan Nomor Rekening Bank Pribadi saja, kamu sudah dapat mengajukan pinjaman online Kredit Pintar. Jadi, tunggu apa lagi, segera penuhi kebutuhanmu melalui situs online shopping seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan juga OLX, dengan Kredit Pintar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *