cara jualan di shopee

Cara jualan di Shopee merupakan salah satu keyword yang paling dicari pada alat mesin pencarian seperti google maupun lainnya. Hal itu menandakan bahwa banyak sekali orang yang ingin mencoba mencari peruntungan dengan berjualan online di Shopee.

Nah, sebelum mencari katalog cara jualan di shopee, alangkah baiknya kamu untuk mengetahui dulu segala tentang Shopee. Shopee sendiri merupakan salah satu marketplace di bawah naungan Sea Limited yang didirikan pada tahun 2009.

Shopee sendiri pertama kali diluncurkan di Singapura dan diperluas jangkauannya hingga Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, bahkan Filipina. Di Indonesia sendiri, aplikasi Shopee menempati peringkat tinggi dengan jumlah penggunanya mencapai 30%.

Shopee bergerak di bidang jual beli online yang menjual segala keperluan dari makanan hingga barang elektronik. Di Shopee sendiri terdapat 26 kategori produk yang tentunya dapat membantu para pembelinya mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Nah, tentunya setelah membaca sedikit informasi mengenai Shopee, kamu pasti ingin cepat memanfaatkan kepopuleran aplikasi ini untuk berjualan secara online, bukan? Sebelum membuka toko online di Shopee, ada nih beberapa cara jualan di Shopee buat kamu para pemula. Apa sajakah itu? Yuk, simak lebih jauh.

1.     Membuat akun

buat akun shopee
Seller Center di Shopee

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan sebelum berjualan di Shopee ialah membuat akun. Tanpa adanya akun ini, kamu tidak akan bisa masuk kedalam aplikasi dan berjualan di Shopee. Untuk akun seller silahkan login ke alamat seperti gambar diatas (seller.shopee.co.id)

Hal yang harus dilakukan untuk membuat akun ialah dengan mempersiapkan email serta nomer ponsel aktif. Kamu akan diperintahkan untuk mengisi formular sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan sebuah email aktivasi ataupun SMS kode OTP di nomer yang telah kamu hubungkan saat mengisi formulir tadi.

2.    Mulai membuka toko

Pada tahap ini, kamu bisa mengisi data profil secara lengkap seperti nama toko, deskripsi, foto profil, dan juga banner milik tokomu. Nah, apabila sudah selesai, kamu juga perlu mengatur alamat toko serta jasa pengiriman yang akan kamu gunakan untuk mengirim barang jualan.

3.    Mengunggah produk yang akan dipasarkan

Disini kamu bisa memulai untuk mengunggah berbagai produk yang akan kamu jual kedepannya. Kamu diharuskan untuk menyiapkan gambar produk yang akan dijual.

Salah satu hal penting dalam bagian ini ialah kamu diharuskan untuk menyiapkan gambar dengan kualitas terbaik agara terlihat jelas dan juga menarik di mata para pembeli. Kamu juga harus mengisi nama, jenis, deskripsi, hingga ukuran untuk melengkapi profil barang dagangan.

4.    Lakukan promosi

Setelah ketiga hal diatas berhasil kamu lakukan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah gencar melakukan promosi.

Setelah di verifikasi, kamu diharapkan untuk melakukan promosi terhadap barang jualan. Promosi ini penting untuk dilakukan agar memperkenalkan produk ke orang banyak dan juga untuk menaikan produk.

 

Maksimalkan Promosi Tokomu Untuk Sambut Shopee 12.12 Birthday Sale! -  Inspirasi Shopee

Itulah beberapa cara jualan di Shopee yang bisa kamu tiru. Sebelum memutuskan untuk berjualan, kamu harus mengetahui 2 aplikasi yang ada di Shopee dulu nih. Dua aplikasi itu ialah Mitra Shopee dan Shopee Seller.

Mitra Shopee sendiri ialah aplikasi khusus dimana mitra yang telah terdaftar didalamnya dapat menjual produk non fisik seperti token listrik, pulsa, ataupun voucher game.

Ketika kamu telah resmi menjadi seorang Mitra Shopee, banyak sekali loh keuntungan yang akan kamu dapatkan. Beberapa keuntungan tersebut seperti

1.   Harga beserta cashback yang kompetitif

Disini mitra Shopee akan mendapatkan yang namanya potongan langsung dan juga cashback yang kompetitif dibandingkan dengan aplikasi keagenan yang beredar luas.

2.   Produk digital yang sangat lengkap

Keuntungan kedua yang akan didapatkan oleh Mitra Shopee ialah mereka dapat membeli berbagai produk digital seperti voucher game, paket data, pulsa, token listrik, hingga pasca bayar. Produk digital ini nantinya akan terus di upgrade, loh.

3.   Transaksi yang dipastikan mudah dan juga sangat aman.

Keuntungan terakhir yang akan didapatkan oleh Mitra Shopee ialah mereka dapat melakukan segala jenis transaksi melalui handphone dalam satu aplikasi saja.

Dengan terdaftarnya sebagai Mitra Shopee, kamu bisa mendapatkan banyak peluang untuk berjualan berbagai produk dengan persentase kesuksesan sangat tinggi.

Setelah Mitra Shopee, ada lagi salah satu aplikasi di Shopee, yaitu Shopee Seller. Shopee Seller ialah fitur khusus bagi para seller untuk mengelola toko Shopee yang mereka miliki. Dengan aplikasi ini, kamu akan dapat dengan mudah mengatur dan juga mengelola berbagai produk shopee.

Dengan aplikasi Shopee Seller ini, kamu dapat mengunggah, menghapus ataupun mengedit, mengecek maupun mengekspor penghasilan yang didapatkan dari toko ke excel, menambahkan video di Shopee, ataupun mengatur penjualan dan penghasilan.

Strategi Jualan Di Shopee

Setelah mengetahui tentang Shopee Seller dan juga Mitra Shopee, ada lagi nih salah satu hal yang tidak kalah penting dari kedua aplikasi tersebut. Hal penting itu ialah strategi. Strategi ini penting untuk kamu ketahui ketika akan memulai berjualan di Shopee. Apa sajakah strategi itu? Yuk, perhatikan langkah-langkahnya dibawah:

1.    Menggunakan fitur gratis ongkir

Konsumen biasanya tertarik dengan benda dengan simbol gratis ongkir, loh. Disini kamu bisa mengatur minimal belanja untuk mendapatkan gratis ongkir dimulai dari Rp30.000, Rp90.000, hingga Rp200.000.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mengirimkan foto KTP beserta selfie dengan memegang KTP milikmu.

2.    Memperbanyak produk

Para pembeli biasanya akan memerlukan produk yang beragam. Jika kamu hanya memiliki satu hingga lima produk, segera untuk menambah produk tersebut menjadi beragam. Dengan beragamnya produk yang kamu jual, pastinya akan menarik perhatian para pembeli.

Selain itu, dengan beragamnya barang yang dijual, tentunya para pembeli akan dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan.

3.    Selalu mengikuti program khusus Shopee

Shopee sebagai e-commerce yang paling disukai oleh orang banyak tentunya sudah sangat sering memberikan berbagai program untuk para seller. Diantaranya iala flash sale, diskon, hingga star sale.

Disini kamu sebagai seller bisa mengikuti program yang sesuai dengan produk yang dijual agar dapat menarik perhatian pembeli, loh.

Itulah beberapa strategi yang bisa kamu ikuti ketika mulai berjualan di Shopee. Kamu juga bisa mengikuti berbagai cara jualan di Shopee yang telah dipaparkan sebelumnya. Ketika akan mulai berjualan di Shopee, pastikan untuk memahami terlebih dahulu aplikasi Mitra Shopee dan juga Shopee Seller yang pastinya akan membantu kamu ketika mulai untuk berjualan.

Jangan lupa juga untuk selalu mempromosikan setiap produk yang kamu jual agar cakupan pembeli menjadi luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *