bisnis rumahan

Bisnis rumahan menjadi salah satu kegiatan yang paling digemari oleh berbagai pihak di tengah merebaknya virus corona ini. Banyaknya para pegawai ataupun pekerja yang di rumahkan ketika Pandemi Covid-19 menjadikan bisnis rumahan popular di kalangan masyarakat.

Kemajuan Ilmu teknologi juga menjadi salah satu faktor yang menjadikan bisnis rumahan begitu digemari oleh berbagai pihak, loh. Selain itu, modal yang minim, dapat dilakukan di mana saja, serta keuntungan yang cukup besar juga adalah faktor pendukung mengapa bisnis rumahan begitu diminati.

Ditambah lagi dengan naiknya kasus virus corona menyebabkan kegiatan pembatasan seperti PPKM terus diperpanjang hingga sekarang ini, pastinya sulit sekali untuk mencari pundi-pundi rupiah. Nah, buat kamu yang ingin mencoba menambah pemasukan dengan melakukan bisnis rumahan, ada nih beberapa bisnis online selama PPKM yang bisa kamu lakukan. Apa sajakah itu? Yuk, baca lebih lanjut.

1.    Menjadi dropshipper

bisnis dropship

Dropshipper menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin memulai bisnis rumahan tetapi tidak memiliki modal ataupun memiliki hanya saja kurang. Dalam menjalankan dropship ini, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa alat seperti smartphone yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pembeli.

Ketika kamu menjadi dropshipper, kamu akan meminta supply barang kepada produsen yang kemudian dikirimkan untuk para pembeli. Disini kamu bersikap seolah-olah menjadi produsen. Padahal kenyataannya, kamu hanya bertugas untuk mempromosikan barang tersebut dan mengirimkannya kepada pembeli.

2.    Menjadi reseller

Selain menjadi dropshipper, ada lagi salah satu pilihan yang dapat kamu pilih, nih. Reseller adalah jawaban bagi kamu yang ingin memulai bisnis online selama PPKM, loh. Sistem dari reseller sendiri hampir sama dengan menjadi dropshipper karena berkiblat kepada penjualan barang milik orang lain.

Hanya saja, pada reseller ini kamu dapat menentukan harga penjualannya dari produsen. Nah, untuk keuntugannya sendiri akan kamu dapatkan dari selisih harga barang penjualan, loh. Menarik, bukan?

3.    Menjadi penulis lepas atau freelancer

penulis freelancer

Bisnis rumahan tidak selalu berhubungan dengan menjual barang, tetapi bisnis juga dapat berhubungan dengan penjualan jasa, loh. Ketika kamu memiliki skill yang cukup di bidang menulis, kamu bisa mencoba menjadi seorang freelancer writer.

Jika kamu menjadi penulis lepas atau freelancer, kamu akan mendapatkan pekerjaan seperti membuat ulasan produk, membuat script, menulis sebuah artikel ataupun berita, hingga dapat membuat sebuah buku ilmiah, cerita pendek (cerpen), hingga novel, loh.

4.    Penerjemah

Kamu memiliki kemampuan bahasa asing diatas rata-rata? Nah, pekerjaan sebagai penerjemah ini pasti cocok dengan kamu yang memiliki background seperti diatas. Para penerjemah memiliki prospek kerja yang besar dikarenakan banyak perusahaan yang membutuhkan kemampuan dalam berbahasa asing.

Mengapa diperlukan oleh banyak perusahaan? Hal ini diakibatkan oleh banyaknya dokumen-dokumen penting yang harus diterjemahkan kedalam bahasa asing. Selain itu, banyak perusahaan yang tidak membutuhkan para pekerja full time, sehingga hanya para pekerja lepas lah yang kebanyakan dipilih.

5.    Berbisnis hampers online

Ramadan Hampers Online Shops

Kamu pasti sering melihat banyak sekali hampers-hampers dipinggir jalan ketika ada acara-acara besar seperti lebaran ataupun natal. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis rumahan.

Penghasilan yang dihasilkan dari berjualan hampers pun terbilang cukup besar. Setidaknya kamu pasti mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah ketika hampers yang dijual laku. Kamu bisa memulai bisnis hampers ini di beberapa platform media sosial maupun online shopping, loh.

6.    Menjual berbagai tiket

6 Tips Jualan Tiket Pesawat Agar Cepat Maju dan Berkembang - Toko Modern  Fastpay

Bisnis rumahan satu ini merupakan salah satu bisnis yang paling digaungi oleh banyak orang, loh. Bisnis menjual tiket ini membantu kamu mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Untuk penjualan tiketnya sendiri, kamu bisa menjual tiket kereta api hingga pesawat.

Meskipun kini tengah dalam situasi PPKM, kamu tetap bisa melakukan usaha ini dikarenakan masih banyak juga orang yang memerlukan berbagai tiket untuk kepentingan pribadi maupun bisnis yang tidak bisa ditunda. Jadi, jangan takut untuk memulai usaha ini.

7.    Menjadi voice over

Menikmati Suara Renyah Putri Saud, Voice Over Artist yang Lagi Viral |  kumparan.com

Di tengah situasi PPKM yang secara terus menerus diperpanjang, kegiatan menjadi voice over sangat cocok untuk menghasilkan uang. Mengapa? Karena di masa seperti sekarang banyak sekali content creator yang memerlukan suara orang lain untuk mengisi konten yang dibuatnya.

Selain itu juga, perindustrian TV, radio, dan juga iklan memerlukan jasa pengisi suara khas yang unik untuk membuat menarik konten yang mereka buat. Jasa voice over ini juga tidak memerlukan modal yang besar untuk dilakukan. Kamu hanya memerlukan sebuah alat perekam dan handphone untuk berkomunikasi. Namun, pastikan untuk membeli alat perekam yang bagus agar hasil yang didapatkan bagus dan maksimal.

8.    Menjadi blogger

Professional Blogger: Essential Skills Required To Become A Blogger

Blogger menjadi sebuah pilihan untuk kamu yang menyukai menulis dan mengatur sesuatu, nih. Menjadi seorang blogger sama saja seperti menjadi penulis lepas atau freelancer, hanya saja yang membedakan antara blogger dan penulis lepas adalah pembuatan artikel pada blog digunakan untuk kepentingan dari sebuah konten di website bukan untuk dijual.

Untuk menjadi seorang blogger, kamu diharuskan terlebih dahulu untuk membeli sebuah domain hosting. Nah, bagaimana cara para blogger mendapatkan uang? Para blogger akan mengikuti sebuah program PPC (Pay Per Click) Google AdSense yang mana mereka akan dibayar sesuai dengan jumlah klik iklan yang telah dipasang pada website.

9.    Menjual produk

Jualan Online Tanpa Modal, Jadi Kaya dari 7 Produk Laris Ini

Menjadi seorang penjual produk secara online sangat begitu diminati oleh kebanyakan orang. Selain karena mudah dilakukan, keuntungan yang mereka dapatkan dari penjualan produk ini tidak bisa dibilang main-main.

Ketika kamu akan memulai untul membuka bisnis online untuk menjual sebuah produk, manfaatkanlah berbagai marketplace yang tersedia agar produk yang kamu jual lebih dikenal oleh orang banyak. Buatlah iklan juga untuk memasarkan produk kamu. Usahakan untuk membuat iklan semenarik mungkin agar orang-orang menjadi tertarik dengan apa yang kamu jual.

Itulah beberapa bisnis rumahan online selama PPKM yang dapat kamu lakukan. Dengan melakukan aktivitas ini, pendapatan kamu yang semula kurang selama pandemi virus corona ini pasti akan bertambah. Berbisnis online juga bisa dilakukan oleh kamu yang bekerja ketika sedang bebas menjalankan tugas. Bisnis online ini menjadi pekerjaan sampinga bagi kamu para pekerja.

Nah, ketika melakukan bisnis online ini, pastikan agar berbagai macam alat yang kamu butuhkan tersedia untuk mendukung segala aktivitas yang kamu lakukan. Jangan lupa untuk selalu memanfaatkan berbagai platform agar bisnis kamu berjalan menjadi lebih lancar daripada sebelumnya. Jangan lupa untuk terus berdoa dan pantang menyerah saat melakukan bisnis online ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *