Sejak triwulan pertama tahun 2020 lalu, Pandemi virus corona (COVID-19) telah menyebabkan dampak yang luar biasa pada hampir setiap sektor bisnis. Banyak para perusahaan yang memutuskan untuk memberikan PHK kepada sejumlah karyawannya agar stabilitas usaha tetap bisa berjalan. Dampaknya, beberapa karyawan menjadi sangat dirugikan karena tidak lagi bekerja dan tidak lagi mendapatkan penghasilan. Hingga awal tahun 2021 ini, krisis masih berlanjut karena belum ada kepastian dari akhir pandemi virus corona.

Namun, kondisi seperti ini nyatanya tidak membuat banyak orang menyerah, ada yang memilih untuk mencari ide bisnis rumahan sehingga tetap  memiliki penghasilan. Bagi Anda yang masih bingung karena belum juga bisa bekerja, tidak ada salahnya jika Anda mencoba beberapa ide bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. Beberapanya bisnis bahkan bisa dilakukan dengan modal yang cukup kecil. Berikut ini, 5 ide bisnis rumahan yang menjanjikan di tahun 2021 yang patut Anda coba.

Ikan Cupang

ikan cupang

Ide bisnis rumahan tahun 2021 yang pertama untuk Anda pertimbangkan adalah budidaya ikan cupang. Bisnis ini sudah mencuat ke permukaan baru-baru ini sebagai usaha yang sangat menjanjikan. Bahkan, beberapa orang yang sudah bergelut di bisnis ikan cupang mengaku bisa mengantongi untung puluhan juta per bulan. Modal untuk benih ikan cupang relatif murah, hanya saja Anda perlu mempelajari teknik budidaya ikan cupang yang baik dan benar. Jadi, sebelum memulai ide bisnis rumahan ini, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu seluk beluknya supaya sukses mendapatkan keuntungan.

Tanaman Hias

tanaman hias

Ide bisnis rumahan yang juga tidak kalah menjanjikan di tahun 2021 ini adalah usaha tanaman hias. Trend tanaman hias tidak mengalami penurunan sejak awal pandemi dan terus bergeliat hingga sampai saat ini. Anda bisa memulai bisnis dengan melakukan pembibitan tanaman hias yang harga belinya sangat terjangkau. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, hanya saja perlu teknik khusus dalam menjalankannya.

Masker

masker

Bisa dibilang, bisnis masker menjadi salah satu bisnis yang paling menjamur saat ini. Setiap orang yang harus keluar rumah wajib menggunakan masker. Layaknya barang kebutuhan yang wajib dikonsumsi, masker menjadi benda berharga di tengah pandemi ini. Jika Anda memiliki keterampilan untuk membuat kerajinan dari kain, tidak ada salahnya Anda mencoba ide bisnis membuat masker di rumah. Namun, untuk keberhasilan menjalankan bisnis ini, kualitas dan keunikan produk sangat dibutuhkan.

Bimbingan Belajar atau Les Privat

bimbel

Bagi Anda yang memiliki keterampilan dan keahlian dalam bidang belajar mengajar. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk membuka jasa bimbingan belajar. Belajar daring atau online pasti tidak maksimal. Belum lagi orang tua banyak yang mengeluh karena kesulitan membantu belajar anak di rumah. Anda bisa gunakan peluang ini, namun pastikan untuk tetap menerapkan protokol keamanan COVID-19.

Reseller atau Dropship

dropship

Tren bisnis sebagai reseller atau dropship memang sudah cukup lama menaungi pasar Indonesia. Bisnis ini sangat digemari oleh kaum muda karena mengutamakan kepraktisan dan kemudahan dalam pengelolaannya. Untuk menjadi reseller atau dropshipper, Anda harus menentukan terlebih dahulu produk yang ingin Anda jual lalu mencari supplier yang siap memasok persediaan untuk Anda. Jika Anda ingin bisnis yang tanpa modal sama sekali, Anda bisa memilih menjadi dropship. Namun, jika Anda dengan modal yang cukup terjangkau, Anda bisa menyetok produk dan menjualnya sebagai reseller.

By Andra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *